Ponsel baru anda bermasalah? Baca ini dulu!

Ontipstech - Usai membeli ponsel baru anda merasa tidak puas karena saat digunakan ada masalah atau tidak normal. Bete? Wajar. Siapa sih yang gak jengkel jika ponsel yang masih berbau kardus ternyata sudah bermasalah.


Sebelum mengajukan komplain, tidak ada salahnya anda mengecek ulang terlebih dahulu. Siapa tau ponsel baru anda ternyata baik-baik saja. Malu dong, jika terlanjur menyemprot penjual. Padahal anda yang sebenarnya kurang cermat.


Inilah beberap hal yang cukup sepele, tetapi berpotensi membuat pemilik ponsel baru salah sangka atau salah paham.


   Baru sehari, layar sudah tergores.

Anda membeli ponsel keluaran terbaru yang harganya mencapai jutaan rupiah. Penjual menyatakan layar ponsel tersebut telah menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass yang tahan gores. Eh, tak sampai 24 jam, di permukaan layar ponsel sudah nampak goresan.

Jangan langsung naik pitam saat mengalami hal itu. Perhatikan baik-baik layar ponsel yang baru anda beli. Ketika baru dikeluarkan dari kardus, layar sebagian ponsel dilapisi lembaran plastik yang tipis. Lembaran plastik tipis tersebut ada yang mudah sekali untuk dideteksi. Anda pasti mengenalinya dan mungkin langsung melepaskannya.

Sebaliknya, ada pula lembaran plastik pelapis layar yang pemotongan dan pemasangannya sangat presisi. Tampilannya sama seperti pelindung layar atau Screen Guard yang biasa dijual seharga Rp 20 ribu - Rp 50 ribu.

Jika tidak dicermati, anda tidak akan menyadari keberadaan benda tersebut. Nah, lembaran plastik di ponsel baru itu mungkin tidak sengaja tergores. Anda tinggal melepaskannya.

Satu informasi tambahan, sebaiknya anda tidak menganggap bahwa layar dengan pelindung Corning Gorilla Glass mustahil tergores. Hal yang lebih tepat, layar dengan pelindung Gorilla Glass lebih sulit tergores daripada layar biasa.

Baca juga : Apa itu retina display


   Hasil kamera buram bahkan kebiru-biruan.

Karena dibekali kamera beresolusi 20 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel, anda berharap akan leluasa menghasilkan foto yang tajam.

Ketika foto yang dihasilkan ternayat buram, hal itu akan membuat anda kecewa. Darah naik ke ubun-ubun dan siap melabrak jual ponsel.

Eitss... tahan dulu emosi anda! hasil jepretan kamera mana yang anda anggap mengecewakan? Jika kamera belakang, perhatikan area di sekitar kamera. Jangan-jangan anda belum melepaskan plastik yang melapisi lensa kamera ponsel baru anda.

JIka plastik yang terpasang itu kurang bening, ketajaman foto yang dihasilkan ponsel baru anda akan kurang memuaskan. Apalagi, jika plastik yang melapisi lensa kamera tersebut berwarna biru semitransparan seperti yang menempel di kamera beberapa tipe ponsel.

Sementara itu, jika yang dinilai buruk adalah hasil jepretan dari kamera depan, anda perlu memperhatikan satu hal. Apakah ada lapisan plastik yang menutupi kamera depan? Lapisan plastik disini bisa berarti plastik bawaan pelapis layar maupun pelindung layar ( Screen Protector ) tambahan yang anda pasangkan.

Hasil foto masih terlihat buram? Usaplah permukaan kamera dengan lap yang halus. Jika masih nampak buram dan anda yakin kamera itu cacat, silahkan segera meluncur ke toko tempat anda membeli ponsel tersebut.


   Tampilan layar tidak tajam dan cenderung gelap.

Pemilik ponsel biasanya mengidamkan ponsel dengan tampilan layar yang tajam, halus, dan cemerlang. Karena ketidaktahuan konsumen, mereka biasanya mengiyakan saat penjual menawarkan pelindung layar jenis anti minyak, anti glare, atau anti spy. Pemakaian pelindung layar jenis tersebut akan mengurangi intensitas cahaya yang ditangkap mata. Tampilan layar jadi terlihat lebih gelap.

Jika mengalami hal itu, tak perlu bingung. Solusinya mudah. Lepaskan pelindung layar yang terpasang. Jika tetap ingin menambah pelindung layar, pilihlah pelindung layar yang bening alias clear.

Baca selanjutnya: Tips berinternet di Smartphone baru Anda