Tablet Android Terbaru dari Acer dengan Nama Iconia X12

Ontips Tech - Setelah cukup lama absen, Acer kembali merilis tablet Android dengan harga terjangkau. Tablet bernama Iconia X12 ini diluncurkan sebagai perangkat hiburan yang juga mendukung produktivitas.

Acer Iconia X12 mengusung layar AMOLED berukuran 12,6 inch. Layarnya memiliki resolusi 2560 x 1600 dengan refresh rate 60Hz dan tingkat kecerahan maksimal hingga 400 nits.

Tablet ini hadir dengan desain thin-and-light tapi tetap tahan banting berkat rangka aluminium alloy. Bobotnya sendiri 600 gram dengan ketebalan 6,7 mm.

Guna mendukung pengalaman multimedianya, Acer Iconia X12 dilengkapi dengan empat speaker stereo 1W yang menghasilkan suara imersif dan kaya. Ada juga kamera belakang 13 MP dengan flash dan autofokus dan kamera depan 8 MP untuk video call dan selfie.

Acer Iconia X12

Foto: Acer

Performanya ditunjang oleh chipset MediaTek Helio G99 yang dibuat menggunakan pemrosesan 6nm. Chipset itu dipasangkan dengan RAM 8GB dan pilihan kapasitas memori internal 128GB/256GB dengan slot microSD hingga 1TB.

Acer Iconia X12 dilengkapi baterai berkapasitas 10.000 mAh yang mendukung pengisian cepat. Tablet ini menjalankan Android 14 serta sudah mendukung Wi-Fi 5, Bluetooth 5.2, GPS, USB Type-C, dan headphone jack 3,5 mm.

Acer juga menyediakan aksesoris untuk mendukung produktivitas berupa stylus dan case dengan slot untuk stylus yang dudukannya bisa diubah sudutnya. Ada juga keyboard Bluetooth dengan trackpad yang bisa dilepas pasang untuk menambah opsi mengetik atau scrolling.

Acer Iconia X12 akan tersedia di Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan China pada Januari 2025. Tablet ini dibanderol dengan harga mulai dari 2.688 Yuan di China atau sekitar Rp 5,8 jutaan. Belum diketahui apakah tablet ini akan dibawa ke Indonesia atau tidak.