MANTAP!!! 7 Gadget dan Teknologi Paling Menakjubkan di MWC 2019

On Tips Tech ~ Mobile World Congress 2019 telah usai beberapa waktu yang lalu dan itu membawa banyak update dari jagat teknologi. Selain menjadi ajang bagi berbagai brand besar untuk pamer smartphone terbaru, MWC 2019 juga mengenalkan sejumlah gadget baru seperti laptop dan headset AR.

Di samping itu, beberapa teknologi terbaru juga mendapatkan debut di MWC 2019 dan siap untuk memulai ‘petualangannya’ dalam waktu dekat. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 7 gadget dan teknologi paling menakjubkan di MWC 2019!

1. Huawei Mate X

cnet.com

Tak mau ketinggalan dari Samsung dengan Galaxy Fold, Huawei juga mengumumkan smartphone lipat pertama mereka yang diberi nama Mate X. Yang menarik, Mate X menggunakan sebagian layar mode tablet-nya, untuk digunakan ke dalam mode smartphone.

Desain ini membuat Mate X terlihat lebih praktis ketimbang Galaxy Fold, yang memiliki layar tersendiri untuk mode smartphone. Di samping itu, Mate X juga telah didukung dengan konektivitas 5G dan kamera Leica, yang dikenal sangat baik dalam menangkap gambar. Rencananya, Mate X akan dirilis di pertengahan tahun ini di harga Rp36 juta.

2. HoloLens 2

7 Gadget dan Teknologi Paling Menakjubkan yang Ditampilkan di MWC 2019roadtovr.com

Microsoft ambil bagian ke dalam MWC 2019 dengan mengumumkan HoloLens 2. Ini merupakan perangkat berupa mixed reality headset, di mana pengguna bisa berinteraksi dengan objek AR secara intuitif.

HoloLens 2 juga memperbaiki kesalahan besar yang dimiliki oleh pendahulunya dan memberikan banyak peningkatan di bagian spesifikasi. Yang menarik, meskipun ini merupakan perangkat terbaru, HoloLens pada faktanya dibanderol di harga yang jauh lebih lebih murah ketimbang pendahulunya. Sayangnya untuk saat ini, HoloLens 2 hanya diperuntukkan untuk penggunaan perusahaan saja.

3. Qualcomm Snapdragon X55

7 Gadget dan Teknologi Paling Menakjubkan yang Ditampilkan di MWC 2019slashgear.com

Pada stand-nya, Qualcomm membeberkan demo dari modem Snapdragon X55, yang memperlihatkan kecepatan unduhan mencapai 2.9Gbps, dan itu dilakukan bersamaan dengan demo dari empat perangkat yang melakukan streaming game dan video. Presiden Qualcomm – Cristiano Amon juga menyebut bahwa teknologi modem terbaru ini sangatlah hemat daya dan tidak menguras sedikit pun daya dari perangkat. Sejauh ini, baru ada tiga perangkat yang dikonfirmasi menggunakan Snapdragon X55, yaitu: Xiaomi Mi 9, Microsoft HoloLens 2 dan satu smartphone misterius dari OnePlus yang belum terungkap.


4. MateBook X Pro (2019)

7 Gadget dan Teknologi Paling Menakjubkan yang Ditampilkan di MWC 2019ubergizmo.com

Selain Mate X yang fantastis, Huawei juga mengesankan MWC 2019 dengan kehadiran versi refreshed dari MateBook X Pro. Ini tetap datang dengan bentuk yang ringkas dan ramping, keyboard, trackpad, pop-up webcam dan layar touchscreen yang menakjubkan, namun dengan bagian mesin yang dirombak total.

MateBook X Pro berhasil tampil lebih bertenaga dan cepat berkat prosesor Intel generasi ke-8, GPU NVIDIA terbaru dan konektivitas Thunderbolt 3 yang tertanam di dalamnya. Selain itu, integrasi dengan perangkat Huawei lain, juga digarap dengan lebih baik di dalam MateBook X Pro terbaru ini.

5. Nubia Alpha

7 Gadget dan Teknologi Paling Menakjubkan yang Ditampilkan di MWC 2019techadvisor.co.uk

Entah ini merupakan smartphone atau smartwatch, intinya Nubia Alpha adalah perangkat yang tidak biasa. Meskipun terlihat aneh, Nubia Alpha tetap bisa memberikan pengalaman smartphone yang lengkap. Perangkat ini memiliki bentuk layaknya smartwatch, namun dengan layar OLED melengkung yang fleksibel.

Secara tampilan, Nubia Alpha mungkin terlihat seperti perangkat asing yang datang dari luar planet. Tapi sebenarnya, ini merupakan perangkat yang cukup menakjubkan, karena inovasi keren yang dibawanya. Nubia Alpha dijadwalkan untuk dirilis pada kuartal kedua 2019 di harga Rp7 jutaan.

6. Kamera 10x lossless zoom Oppo

7 Gadget dan Teknologi Paling Menakjubkan yang Ditampilkan di MWC 2019gadgetmatch.com

Di MWC 2019, Oppo tidak datang dengan perangkat baru, melainkan teknologi baru. Oppo memperkenalkan teknologi 10x lossless zoom untuk kamera smartphone yang menjadi pertama di industri. Teknologi ini membuat kualitas dari gambar yang di-zoom pada kamera, tidak pecah dan terlihat jernih.

Untuk merealisasikan hal ini, Oppo menyertakan tiga kamera langsung dengan focal length di kisaran 16mm hingga 160mm. Sementara itu, Oppo menyebutkan bahwa smartphone dengan dukungan teknologi lossless zoom ini akan diperkenalkan di kuartal kedua 2019.

7. SanDisk Extreme UHS-I microSDXC 1TB

7 Gadget dan Teknologi Paling Menakjubkan yang Ditampilkan di MWC 2019slashgear.com

Di hari pertama MWC 2019, Western Digital mengumumkan SanDisk Extreme UHS-I microSDXC berkapasitas 1TB. Ini bukan microSD pertama yang memiliki kapasitas sebesar itu, namun menjadi yang paling cepat untuk saat ini. SanDisk Extreme UHS-I memiliki kecepatan tulis mencapai 90MB/s dan kecepatan baca mencapai 160MB/s.

WD mengklaim bahwa ini mampu memberikan dua kali kecepatan transfer dari microSD UHS-I biasa. Selain 1TB, microSD ini juga akan tersedia dalam varian 512GB. SanDisk Extreme UHS-I microSDXC akan meluncur April mendatang di harga Rp6,4 juta untuk varian 1TB dan Rp2,8 juta untuk varian 512GB.

Itulah tadi beberapa gadget dan teknologi menakjubkan yang ditampilkan pada MWC 2019. Semoga saja, kehadiran beberapa perangkat dan teknologi di atas mampu memberikan kemajuan teknologi yang lebih besar dan baik di masa depan.