5 Cara Mudah Agar Smartphone ‘Segar’ Lagi Setelah Lebaran

On Tisp Tech - Smartphone menjadi perangkat yang paling diforsir kinerja selama Lebaran kemarin. Mulai dari diandalkan untuk nelpon, kirim pesan WA, posting di media sosial, motret atau merekam momen spesial sampai digunakan untuk alat bantu navigasi selama perjalanan mudik.


Tidak heran jika setelah Lebaran kinerja bisa jadi terasa lebih lemot karena ‘kelelahan’. Jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan kondisi smatphone agar ‘segar’ lagi setelah diforsir saat Lebaran.

1. Backup Isi Smartphone

Dengan kemampuan kamera yang makin meningkat, smartphone begitu diandalkan untuk mengabadikan momen-momen special selama Lebaran. Mulai dari memotret hingga merekam video.

Akibatnya memori smartphone menjadi penuh, yang pada akhirnya akan berpengaruh ke kinerja smartphone. Mulai dari kinerjanya yang makin lembat hingga beberapa aplikasi tersendat akibat kekuarangan memori.

Kalau sudah begini, lebih baik kosongkan memori smartphone dengan mem-backup-nya. Bisa dengan mentransfer berbagai file di smartphone ke PC/laptop atau harddisk portabel.

Atau bisa juga melakkan back up file ke kartu memori Micro SD yang terpasang di smartphone. Bisa juga membackup mengunakan USB lewat USB On The Go yang terhubung ke perangkat Flashdisk. Atau bisa juga menggunalan cara online yaitu dengan melalukan backup ke Google Drive.

2. Bersihkan file-file sampah

Setiap kali kita menggunakan berbagai aplikasi di smartphone, akan menyisakan file-file residu atau junk file. Inilah yang membuat memori smartphone semakin penuh.

Salah satu jenis file residu yaitu Cache. Ini adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah digunakan. Fungsinya agar jika aplikasi itu mau digunakan lagi, bisa lebih cepat dibuka. Namun cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat smartphone kamu menjadi lemot.

Jadi ada baiknya file Chace dihapus saja. Buat yang menggunakan smartphone Android, caranya masuk Settings – Apps – All lalu cari aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, dan pilih Clear Cache. Atau, juga bisa sekaligus membersihkan cache pada smartphone melalui menu Settings – Storage – Cached Data, dan pilih OK. Bisa juga menggunakan bantuan aplikasi yang banyak tersedia. Salah satunya yaitu aplikasi Clean Master atau aplikasi sejenis lainnya.

3. Hapus Aplikasi Background

Tanpa disadari kita sering membuka beberapa aplikasi yang terkadang lupa menutupnya. Padahal aplikasi itu masih berjalan namun secara background. Apalagi saat dalam momen Lebaran, mulai mengaktifkan kamera untuk memotret, membuka aplikasi sosmed, membuka pesan WA..semua dilakukan secara berbarengan.

Akibatnya, kinerja smartphone akan menurun, karena kapasitas RAM disesaki berbagai aplikasi yang berjalan background tersebut. Jadi jangan lupa untuk menonaktifkan aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Pada smartphone Android biasanya disediakan tombol khusus di bawah layar untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Tombol tersebut yaitu tombol Recent Apps yang posisinya sederet dengan ikon tombol Home dan Back di bagian bawah layar. Setelah menekan tombol Recent Apps, tutup aplikasi yang sedang berjalan secara background.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Saat momen Lebaran, banyak aktifitas yang dilakukan menggunakan smarthphone. Dan biasanya kita meng-install beberapa aplikasi baru. Nah, setelah selesai Lebaran, jika aplikasi-aplikasi tersebut sudah tidak dipakai, sebaiknya di-uninstall saja. Agar tidak membebani kapasitas RAM yang membuat smartphone menjadi lemot.

Namun terkadang ada beberapa aplikasi tidak dapat dihapus karena sudah menjadi bawaan system, padahal tidak digunakan. Nah, untuk menghentikan aplikasi tersebut, terutama pada smartphone Android, caranya masuk Settings – Apps, lalu pada tab Running pilih aplikasi yang tidak kamu butuhkan, dan pilih Disable.

5. Restart Smartphone

Nah, setelah berbagai cara untuk membuat smartphone kembali kencang, sebaiknya lakukan Restart. Agar sistem kerja smartphone bisa kembali refresh dan kinerja smartphone kembali kencang.